Analisis posisi shampo di indonesia

BAB I
PENDAHULUAN
Ketatnya persaingan usaha mempunyai dampak yang besar terhadap perkembangan pangsa pasar. Pasar yang dinamis memungkinkan perubahan signifikan dan mengalami fluktuasi setiap saat. Fenomena tersebut dibarengi dengan kemajuan perkembangan teknologi yang memungkinkan produsen melakukan inovasi terhadap produk yang dihasilkan. Perusahaan grup Unilever dalam operasionalnya menciptakan banyak produk yang kini beredar di pasaran. Salah satu produk yang kini banyak di gunakan oleh masyarakat adalah Sampo Clear. Banyak strategi pemasaran dilakukan oleh sampo jenis ini, diantarannya dengan melakukan pemuatan iklan di televisi yang selalu di format dengan karya-karya baru. Tak terkecuali dengan menampilkan bintang iklan, artis bahkan publik figur yang sudah sangat terkenal di masyarakat. Namun demikian, seringkali perusahaan ini juga dihadapkan pada kenyataan bahwa muncul produk-produk sejenis yang mengaku mempunyai kelebihan dan manfaat yang berbeda dari sampo Clear. Belum lagi, adanya sikap konsumen yang selalu berubah-ubah. Meski begitu ketatnya persaingan, tetapi bagi Unilever grup berupaya memenuhi keinginan dan kepuasan pada konsumen. Pihaknya, menggunakan konsep komunikasi bauran pemasaran yang banyak melibatkan para pemangku kepentingan atau stakeholders. Konsep yang diberikan adalah perumusan strategi dengan memberikan suatu rencana yang sistematis, terencana dan terukur. Asumsinya bahwa, dengan kepuasan optimal pada diri konsumen, maka produk Sampo Clear memberikan brand yang baik dari konsumen. Ini menimbulkan kepercayaan dan menumbuhkan loyalitas yang berujung pada minat membeli produk.
Pada dasarnya keberhasilan suatu perusahaan dalam pencapaian tujuan tersebut akan ditentukan oleh ketepatan perusahaan dalam mengidentifikasi perilaku konsumen. Oleh karenanya, Unilever dengan gencar melakukan promosi melalui iklan di televisi. Dalam tayangan iklan tersebut Unilever menunjuk bintang olah raga sepak bola Christiano Ronaldo yang memiliki reputasi internasional. Ia dipilih sebagai bentuk apresiasi terhadap kalangan pria yang mempunyai aktifitas tinggi, namun tetap memiliki rambut yang sehat dan indah. Ditambah lagi, tidak ada ketombe yang menyertainya. Dengan iklan televisi tersebut, maka perusahaan berupaya memperkuat posisi Sampo Clear di pasaran dan dapat menguasai pangsa pasar (market share). Persepsi/ tanggapan terhadap tayangan iklan di televisi didasarkan pada beberapa aspek yakni sesuai latar belakang budaya, pengalaman masa lalu, nilai-nilai yang dianut dan berita-berita yang berkembang yang mempengaruhi dalam penerimaan pesan iklan. Ini menjadi berbeda, karena persepsi sifatnya subyektif terhadap suatu objek. Persepsi merupakan proses internal individu dalam proses menyeleksi, mengevaluasi dan mengatur stimuli yang datang dari luar. Proses persepsi dapat diperoleh dari mendengar, melihat dan merasakan, dalam mengikuti tayangan tersebut. Dengan demikian persepsi merupakan proses bagaimana stimuli (rangsangan) itu diseleksi, diorganisasi dan diinterpretasikan. Karena setiap stimuli yang menarik perhatian masyarakat baik disadari maupun tidak disadari akan diinterpretasikan oleh masyarakat.
READ MORE HERE...
BACK TO HOMEPAGE

0 Response to "Analisis posisi shampo di indonesia"